Senin, 31 Maret 2014

CERITA ANAK MAGANG

Kata pertama yang terlintas di kepala gue begitu denger kata magang adalah ‘ah ribet’. Ngapain sih kampus nyuruh kita magang? Toh nanti kita bakal kerja juga abis lulus. Apalagi waktu magang minimal harus 30 hari kerja. Kalo kita dapet magang di Bandung sih enak, bisa sambil kuliah. Tapi kalo di luar kota? Ya mau ga mau kita harus ngambil magang pas libur semester. Kalo kata kampus sih magang ini berguna banget, biar kita punya gambaran tentang gimana dunia kerja nantinya. Akhirnya gue mengikuti segala syarat-syarat yang ditentuin kampus untuk mengikuti magang ini, ya secara magang kan mata kuliah wajib salah satu syarat juga biar kita bisa wisuda.

Akhirnya gue terdampar di sebuah perusahaan bernama PT Antam Tbk. UBPP Logam Mulia selama 2 bulan. Perusahaan ini bergerak di bidang pertambangan, semacam jual beli emas gitu. Jadi setiap hari kerjaan gue ngecek harga emas. Awalnya gue merasa asing banget di perusahaan ini, ga kenal siapa-siapa berasa kaya anak malin kundang, bedanya gue ga durhaka sama orang tua dan gue ga nikahin pangeran dari negeri nan jauh disana. Eh lanjut, minggu-minggu pertama magang gue udah mulai adaptasi, mulai bisa becanda-becanda sama karyawan disana, walaupun ga lucu yang penting ketawa. Ketawa mulu setiap hari, kalo magang gue lebih dari dua bulan mungkin motto hidup gue jadi ‘lebih baik hidup dengan tawa dari pada dengan makan’ krik.

Jadi ceritanya pas magang ini kemampuan adaptasi dan komunikasi gue diuji banget, ngomong harus sopan, jangan kaya ngomong sama temen sendiri. Sama yang paling penting jaga sikap, jangan main handphone, jangan membuka segala macam sosial media lo di komputer kantor. Karena attitute sangat amat mempengaruhi nilai.

Ada satu hari yang sempet menggoyahkan keinginan kuliah gue. Gue waktu itu ditawarin buat kerja di kantor pusatnya Antam, tapi gue harus menyerah dengan kuliah gue. Setelah pergelutan batin antara otak, hati dan tubuh gue, akhirnya gue memutuskan untuk menyelesaikan kuliah lebih dulu, rezeki ga kemana kok.

Sampai akhirnya 2 bulan berlalu dengan lambat, gue sadar kalo magang itu ternyata penting. Kita bisa mempersiapkan diri bagaimana kita ketika kerja nanti.

Buat adik-adik yang pengen magang, saran gue pilih tempat magang yang bener-bener kalian inginkan, siapa tau bisa ditawarin kerja disana. Kan lumayan J (Septiannisa Maulida – Marketing Communication 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar